5 Tips Mengendalikan Anak yang Hobi Mengupil di Usia 7-12 Tahun

5 Tips Mengendalikan Anak yang Hobi Mengupil di Usia 7-12 Tahun
Kebiasaan mengupil untuk anak-anak sering diabaikan oleh orangtua. Padahal bisa jadi masalah serius kalau disepelekan. Untuk itulah Anda wajib tahu tips mengendalikan anak yang hobi mengupil agar mereka tidak keseringan mengupil. Apalagi sampai memakannya. Bagaimana tipsnya? Coba terapkan poin-poin ini, ya.

1. Beri Pengetahuan tentang Upil
Upil itu kotoran yang berasal dari bermacam-macam bahan. Rata-rata bahannya debu dan kotoran yang ada di udara bebas. Mereka yang tidak lolos saringan di rambut hidung akan mengendap dan jadi upil. Beri informasi ini ke anak-anak Anda yang hobi mengupil dan memakannya, ya. Selain rasanya tidak enak, juga tidak sehat.

2. Beri Banyak Sayuran dan Buah Organik
Sayuran dan buah organik bisa membuat kemampuan hidung dalam menjaring kotoran semakin hebat. Selain itu, hidung juga lebih bersih dan tidak mudah kotor. Soalnya kadang-kadang kotoran tidak berasal dari luar hidung saja, tetapi dari dalam. Tapi ini jarang, kok. Terutama saat anak-anak tengah pilek.

3. Ceritakan tentang Upil yang bisa Masuk ke Tenggorokan
Anak-anak biasanya kurang hati-hati saat mengupil. Begitu dapat banyak upil, mereka mengelapkannya di tempat-tempat terdekat, seperti meja, kursi, sampai baju. Ada pula yang keseringan sampai-sampai mendorong upil terlalu dalam. Akhirnya masuk tenggorokan. Katakan, bahwa yang boleh masuk tenggorokan itu cuma udara oksigen.

4. Bikin Lagu tentang Kegunaan Jari
Banyak variasi lagu tentang jari yang bisa Anda terapkan. Salah satunya mungkin bisa dengan bikin lirik sendiri. Seperti lagu tentang jari yang hanya digunakan untuk mengelus kawan baik dan orang-orang yang dicintai. Dengan lagu, biasanya mereka akan mudah mengingat. Lambat laun kebiasaan itu pun akan berkurang.

5. Mengupil di Tempat Umum itu Kurang Sopan
Beri pula pengetahuan tentang ini. Beri contoh tentang seseorang yang mengupil di saat berkumpul dengan anak-anak sesekolahan. Atau ketika tengah naik panggung. Mengupil pada saat-saat seperti itu bisa bikin teman-temannya kurang nyaman. Meski anak Anda masih berusia kurang dari 12 tahun pasti paham tentang adab & kesopanan.

Namun, jika Anda menghadapi anak-anak pengupil tingkat akut, harap terapkan tips mengendalikan anak yang hobi mengupil ini pelan-pelan. Bisa-bisa mereka tidak mendengarkan Anda lagi kalau caranya kasar. Dengan begitu, saat kebiasaan itu bisa diubah, maka Anda akan lebih tenang saat anak-anak berada di mana pun.

Baca |Juga

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Mengendalikan Anak yang Hobi Mengupil di Usia 7-12 Tahun"

Posting Komentar